Sabtu, 31 Desember 2011

Tugas Review Historiografi Partiningsih 3

Raffles Sources for Traditional Javanese Historiography and the Mackenzie Collections

Dalam tulisan Donald E Weatherbee tentang Raffles Sources for Traditional Javanese Historiography and the Mackenzie Collections, yang menjadikan karya Raffles orang yang pertama menulis tentang kebudayaan jawa yang terkenal dengan bukunya History of Java. Dalam pencarian dan pengumpulan sumber bahan raffles tidak sendirian, ia dibantu oleh Mackenzie dan istrinya yang khusus mencari sumber dari dalam keraton.
Mackenzie sangat berjasa dalam member kontribusi kepada Raffles dalam penulisan History of Java yang telah dilakukan sejak 1796 yang kemudian di tahun 1811 menjadi pemimpin lagi pada ekspedisi ke Jawa. Dalam pengumpulan sumber penulisan Mackenzie dengan mudah mendapatkannya karena telah mendapat ijin dan dukungan dari sultan, sehingga dapat dikatakan bahwa tulisan Raffles menjiplak dari tulisan Mackenzie, padahal dalam pencarian sumberpanulisan yang dilakukan Mackenzie semua biayanya ditanggung oleh Raffles.
Selain Raffles ada Engelhard dalam Serat Kanda dan Middelkoops dalam History of Java. Kemiripan penulisan sejarah di jawa oleh ke tiga tokoh tersebut memang ada karena sumber yang digunakan hmpir sama sehingga tulisannya pun tidak jauh berbeda yaitu tentang kebudayaan jawa, kerajaan, raja-raja jawa juga bidang sosial ekonomi. Jika melihat tulisan Raffles dalam History of Java, bukuny berisis laporan perjalanan Raffles dan menurut saya dapat dikatakan sebagai buku harian Raffles, meskipun isinya sangat lengkap tentang sejarah jawa. Kita juga tahu karya Engelhard dalam Surat Kanda yang isinya belum kita ketahui kebenaran tulisan dan isisnya dan sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa yang semakin membingungkan.Akan tetapi jika tulisan Raffles dimasukkan dalam katagori historiografi pada masa sekarang ini, maka tulisan Raffles tidak sesuai dengan tata urutan penulisan historiografi. Dengan adanya ketiga penulis tersebut dan hasil tulisannya dapat dijadikan perdebatan pelajar-pelajar di Jawa, meskipun diantara ketiganya yang paling menonjol adalah tulisannya Raffles tentang History Of Java dan Raffles pun mengklaim dirinya yang menjadi satu-satunya orang di dunia yang mengetahui tentang sejarah Jawa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika dalam berkomentar sangat diutamakan!