Sabtu, 31 Desember 2011

Tugas Review Historiografi Partiningsih 4


Review Abad Ke 18 Sebagai Kategori Dalam Penulisan Sejarah Indonesia
Karangan J.C Van Leur

Pada abad ke 17 penulisan sejarah Indonesia yang berasal dari penulis Hindia Belanda sudah dimulai. Dalam penulisannyapun tidak dapat disamakan dengan sejarah kompeni. Van Leur melihat dari berbagai sudut pandang. Saya melihat dari sudut pandang orang Barat selama ini telah menganggap orang atau Negara timur mengalami kebobrokan dalam segala hal pada abad itu. Jika melihat dari sudut pandang timur sebenarnya sudah mengalami kejayaan kekuasaan dan politik, seperti contoh majunya Negara Cina dan Jepang. Pada abad ke 18 penguasaan orang barat terhadap orang timur, khususnya Asia Tenggara mengalami kemunduran. Di Indonesia merupakan politik nusantara yang ditunjukkan adanya Batavia, Benteng dan yang lain yang dijadikan sebagai buktinya.
Indonesia pada masa itu khususnya di Jawa, jika melihat kekuasaan keraton-keraton Jawa mungkin kita akan merasa lebih unggul dibandingkan dengan Negara barat. Anggapan bahwa Negara timur merupakan Negara miskin lambat laun mulai memudar, bahkan Rouffaer sampai mengungkapkan perasaannya dengan sangat halus tentang kebudayaan Jawa. Tulisan Van Leur ini memberikan perbandingan historiografi Negara barat dan timur dari berbagai sudut pandang. Gaya perbandingan sesuai dengan porsinya sehingga keunggulan dari masing-masing bagian Negara dapat terlihat.
Dalam lingkup kolonial Belanda, Indonesia masih mampu melakukan transaksi  dengan Negara luar, sehingga menampakkan kurva kenaikan dan penurunan tingkat ekonomi dengan adanya kegiatan ekspor impor bahkan sampai abad ke 19. Di sini saya dapat melihat bahwa Van Leur membandingkan Negara penjajah dan jajahan dengan seimbang. Van leur sangat cerdik dalam membingkai perbandingan tulisannya yang disesuaikan dengan paparan historiografi belum diidentifikasikan secara lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika dalam berkomentar sangat diutamakan!