Sabtu, 31 Desember 2011

Tugas Review Historiografi Robby Anugerah 6

Periodisasi Sejarah Dunia: Manfaat dan Kegunaan


Bila berbicara mengenai sejarah dunia, kita tidak akan lepas dari periodisasi sejarah. Periodisasi sejarah mempunyai kegunaan untuk memudahkan pemahaman suatu peristiwa sejarah dalam periode tertentu serta banyak hal lainnya.

Tujuan utama mempelajari masa lalu adalah untuk mencari pola-pola tingkah laku dan mengambil kesimpulan mengenai hubungan sebab-akibat yang muncul kembali pada waktu-waktu yang berlainan dan di tempat-tempat yang berbeda. Menurut penulis, terkadang sejarah itu dipengaruhi oleh zamannya. Dalam artian kata, zaman bisa menentukan sejarah yang seperti apa yang akan terjadi. Terkait dengan masalah ini, penulis mencoba bagaimana identifikasi dari periode-periode sejarah dunia sebagaimana dijelaskan dalam artikel Jerry H. Bentley “Cross-Cultural Interaction and Periodizatition in World History”.[1]
            Jerry H. Bentley adalah seorang profesor sejarah dunia di Universitas Hawaii, AS. Ia bisa disebut pakar dalam sejarah dunia. salah satu buah pemikirannya adalah mengklasifikasikan periode-periode sejarah. Ia melihat, sejarah harus punya perode-periode untuk memudahkan kegiatan pemahaman dalam menganalisis suatu peristiwa. Walaupun sebenarnya penulis melihat buah pemikiran ini hanyalah pengembangan dari pemikir-pemikir sejarah sebelumnya. Namun hanya karena lebih aplikatif, pemikiran ini dianggap penemuan yang luar biasa dalam perkembangan sejarah.
            Di dalam artikelnya, Jerry H. Bentley membagi periodisasi sejarah ke dalam enam era utama yang dibedakan secara prinsip dengan membedakan dinamika interaksi lintas budaya yang menggerakkan efeknya pada garis batas masyarakat dan area budaya. Enam era adalah: (1).masa masyarakat kompleks (3500-2000SM), (2).masa peradaban kuno (2000-500SM), (3).masa peradaban klasik (500 SM-500M), (4).masa post klasik (500-1000M), (5).masa kerajaan nomadik transregional (1000-1500 M), dan (6).masa modern (1500 M sampai kini).
            Keenam era tersebut terus bergerak ke arah yang lebih kompleks atau rumit. Peristiwa-peristiwa sejarah yang semakin menyeluruh dan saling mempengaruhi antar peristiwa-peristiwa lainnya. Keterlibatan manusia yang banyak juga bisa terilihat ketika tumbuh dan berkembangnya suatu pemerintahan atau peradaban pada periode-periode tertentu. sedangkan alat-alat atau bukti-bukti untuk mengungkapkannya suatu peristiwa sejarah, semakin ke atas periodenya maka semakin banyak alternative bukti. Sehingga terlihat pula sejarah berkembang dari masa ke masa.
            Dari bebarapa penjelasan yang terdapat dalam artikel tersebut. Penulis menyimpulkan bahwa, periodisasi mempunyai banyak manfaat antara lain, memudahkan pemahaman dan pengertian tentang peristiwa tertentu yang terjadi dalam periode tertentu, melakukan penyederhanaan, klasifikasi dalam ilmu sejarah, dan melihat jenis produk historiografi.
            Selain itu, penulis melihat sepertinya Jerry. H. Bentley mencoba untuk menerangkan pula bahwa periodisasi mempunyai kriteria-kriteria yang penulis tangkap seperti adanya  geografis (kewilayahan), urutan zaman, waktu atas dasar dinasti, waktu atas dasar perkembangan ekonomi, dan sebagainya.



[1] Jerry H. Bentley,” Cross-Cultural Interaction and Periodization in World History The American History Review, Volume 101, no.3 (June1996): 749-770

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika dalam berkomentar sangat diutamakan!